Tuesday, July 3, 2012 - 0 comments

Bangga Dengan Jokowi


Tahukah anda siapa itu Jokowi? Belakangan ini nama Jokowi sering kita dengar di berbagai media. Jokowi yang memiliki nama lengkap Ir. Joko Widodo ini merupakan wali kota Kota Surakarta alias Solo masa bakti 2005-2015. Tentulah saat ini masyarakat Indonesia, khususnya warga DKI Jakarta mengetahui siapa itu Joko Widodo alias Jokowi. Hal ini dikarenakan saat ini beliau sedang mencalonkan diri untuk menjadi gubernur DKI Jakarta tahun 2012 bersama dengan Basuki Tjahaja Purnama atau yang lebih dikenal Ahok.



Jokowi dapat dikatakan berhasil dalam menjabat sebagai wali kota Kota Solo. Pria kelahiran Surakarta, 21 Juni 1961 tersebut yang juga merupakan lulusan Fakultas Kehutanan UGM tahun 1985 ini membuat gebrakan-gebrakan positif terhadap kota Solo. Gebrakan-gebrakan tersebut nyatanya terbukti mampu membuat Kota Solo menjadi lebih maju. Saat ini Solo mengalami perubahan yang pesat dengan menerapkan branding "Solo : The Spirit of Java". Di tangannya, Solo juga dapat meningkatkan pendapatan daerahnya.

Tanpa melakukan cara-cara kasar, Jokowi mampu merelokasikan PKL alias Pedagang Kaki Lima dengan caranya sendiri. Cara yang dimaksud dalam hal ini ialah dengan mengadakan pertemuan dengan para PKL. Awalnya memang tidak mulus. Ia harus melakukan pertemuan dengan para PKL berkali-kali. Tetapi dengan kegigihan dan usahanya tersebut, akhirnya para PKL dapat direlokasikan dengan baik tanpa adanya kekerasan seperti yang sering kita lihat di beberapa daerah di Indonesia.

Di bawah ini merupakan beberapa penghargaan yang ia dapatkan antara lain sebagai berikut.

Yang Pertama ialah terpilihnya Jokowi menjadi salah satu dari "10 tokoh 2008" oleh majalah tempo. Ia dipilih karena keberhasilannya dalam mengatur PKL di Solo

Selanjutnya yaitu terpilihnya ia sebagai walikota terbaik tahun 2009. Hal ini dikarenakan Jokowi mampu mengembangkan kota Solo dalam bidang industri pariwisata dan MICE.

Setelah itu, ia mendapatkan penghargaan  Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta Award atau UNS SME’s Awards. Hal ini dikarenakan kesuksesannya mengelola koperasi dan UMKM

Selain ituIa juga mendapatkan penghargaan  Bung Hatta Anti-Corruption Award atau BHACA. Terpilihnya Jokowi dinilai dari beberapa faktor dan juga tindakan nyata yang dilakukan untuk meminimalisir kasus korupsi.

Kemudian Charta Politika Award yang diperolehnya dalam Kategori Politisi dari Kepala Daerah.

Selain penghargaan-penghargaan yang ia dapatkan, kota Solo sendiri juga mendapatkan banyak penghargaan di bawah kepemimpinannya. Contohnya ialah dengan diraihnya penghargaan  UNS SME’s Awards 2012 sebagai kota/kabupaten pengembang UMKM terbaik. Kesuksesan Jokowi memimpin kota Solo rupanya membuat warga Solo menjadi Bangga Dengan Jokowi. Namun tentunya Indonesia juga patut Bangga Dengan Jokowi sebagai putra bangsa yang berprestasi.

Dengan berbagai kesuksesan yang ia buat di kota Solo, Jokowi dinilai mampu untuk membawa kesuksesan kota Solo tersebut ke DKI Jakarta sebagai gubernur DKI Jakarta mendatang. Bila yang lain memberikan janji-janji, Jokowi sudah memberikan bukti nyata kesuksesannya memimpin kota Solo sebagai wali kota. Saat ini saya memang bukan merupakan warga DKI Jakarta. Tetapi karena saya pernah tinggal di DKI Jakarta selama kurang lebih lima tahun serta sekolah saya yang berdomisili di Jakarta Timur membuat saya tidak asing lagi dengan kota Jakarta. Karena hal itulah, saya juga menginginkan yang terbaik untuk ibu kota Indonesia ini, DKI Jakarta, termasuk dengan pemimpinnya (gubernur).


Ada beberapa orang yang meragukan apakah Jokowi akan mampu untuk mengelola Jakarta. Hal ini dikarenakan bahwa ia bukanlah dari Jakarta. Namun, haruskah orang asli Jakarta yang mengelola Jakrata? Yang terpenting adalah mampu atau tidak seorang pemimpin membangun DKI Jakarta menjadi lebih baik.  Dan saya yakin, Jokowi mampu memimpin DKI Jakarta menjadi lebih baik dari saat ini.

will he be a governor of DKI Jakarta?
referensi biodata dan penghargaan Joko Widodo : SOLOPOS.com , tempo.co , forum.pasarsolo.combengawanwikipediaJokowi pemimpin masa depan




Bangga Dengan Jokowi/>

0 comments:

Post a Comment