Thursday, July 5, 2012 - , , 0 comments

Malam Nisfu Sya'ban

Assalamua alaikum... Selamat malam teman-teman ^_^

Malam Nisfu Sya'ban

Waduh itu tittle rasanya islami banget haha. Itu karena kali ini aku mau membahas mengenai malam Nisfu Sya'ban. Kenapa? Karena malam ini yaitu tanggal hmm.. *tiba-tiba lupa tanggal*... Oh ya! *inget lagi* Sekarang tanggal 5 Juli 2012 merupakan malam Nisfu Sya'ban.




Sebenarnya malam Nisfu Sya'ban itu apa? Aku juga ga ngerti-ngerti amat sama agama. Cuma mau sharing hehe XP ... Malam Nisfu Sya'ban merupakan suatu malam pada tanggal 15 sya'ban yang jatuh pada tanggal 5 Juli 2012. Pada malam ini, umat muslim membaca surat yaasin sebanyak 3 kali dengan menekankan 3 permintaan utama yaitu, memohon ampun kepada Allah SWT, memohon rizqi yang barokah dan selamat dunia akhirat.

Sebenernya aku agak bingung malam nisfu sya'ban itu jatuh pada tanggal berapa. Soalnya ada yang mengatakan bahwa malam nisfu sya'ban itu hari Rabu tanggal 4 Juli 2012 kemarin. Tapi aku dan keluarga melaksanakan malam Nisfu Sya'ban pada tanggal 5 Juli 2012. Karena Ibu saya diberitahu di pengajian mushola, dan juga tante saya mendengar kabar dari radio bahwa malam nisfu sya'ban jatuh pada malam ini.

Kelebihan malam Nisfu Sya'ban? Yang saya baca dari AnaCONDA, malam Nisfu Sya'ban itu memiliki banyak kelebihan. Berikut informasi yang saya dapatkan.

==> Berikut Hadits Hadits yang menerangkan kelebihan malam Nisfu Sya'ban

1. Dari sayyidina Ali karramallahu Wajhah bersabda Baginda Rasulullah shalallahu alaihi wasallam maksudnya: Apabila datang malam nisfu sya'ban maka ber ibadahlah di malamnya dan puasalah di siang harinya sesungguhnya Allah menurunkan rahmatNya dan para Malaikatnya pada malam itu dan berkata siapa yang minta rezeki ku beri siapa minta ke selamatan aku pelihara siapa yang hendak sesuatu maka akan ku kabulkan sampai terbit fajar.

2. Dari Muaz bin jabal radhiallahu anhu Bersabda baginda Rasulullahu alaihi wasallam maksudnya: pada malam nisfu sya'ban menurunkan Allah akan RahmatNYA dan para malaikatnya maka mengampuni Allah akan Dosa-dosa hambanya.
Di riwayatkan:bahwa pemindahan semua perkara dari lauhil mahfuz pada malam nisfu sya'ban dan selesai pada malam lailatul Qadar Di serahkan urusan rezeki pada Malaikat Mikail urusan perang/gempa/longsor/ bencana pada Malaikat Jibril ,urusan amal pada Malaikat penghulu langit dunia dan urusan Musibah pada Malaikat maut.

3. Daripada sayyidah Aisyah radhiallahu anha berkata:
Malam nisfu sya'ban aku terbagun dan rasulullah tidak ada di sampingku maka aku cari ternya beliau ada di pekuburan baki sambil memandang kelangit kemudian berkata sungguh Allah menurunkan rahmatNya dan MalaikatNya kelangit dunia pada malam nisfu sya'ban dan mengampuni dosa hambanya sebilang bulu kambing dari pada kabilah bani Kalb.

4. Daripada Sayidah Aisyah radhillahu anha berkata:
Berdiri Rasulullahu alaihi wasallam sembahyang dan kemudian sujud sangat lama sekali sehingga aku mengira beginda telah wafat menakala aku melihat demikian maka aku gerak-gerakan ujung kaki beliau maka bergeraklah kemudian aku kembali kerumah dan ketika beginda selesai dari sembahyang datang dan berkata beginda:
'' tahukah kamu malam apakah ini? Berkata Aisyah:
Allah dan Rasulnya yang lebih tahu berkata baginda :
Malam ini adalah malam Nisfu sya'ban sesungguhnya Allah Memandang dan mengampuni Hamba-hambanya pada malam ini.

5. Dari Naufal al bakali bahwasanya sayidina Ali keluar rumah pada malam nisfu sya'ban dan memandang kelangit sambil berkata keluar pada malam nisfu sya'ban nabiullah Daud alaihissalam dan memandang kelangit dan berkata Ya Allah sesungguhnya malam ini adalah malam mustajab do'a tidak berdo'a seseorang melainkan engkau kabulkan.

6. Diriwayatkan dari Ka'ab al ahbar berkata:
Sesungguhnya Allah Mengutus malaikat Jibril pada malam nisfu sya'ban ke sorga dan memerintahkan Allah seraya di hiasi sorga dan berkata malaikat sesungguhnya Allah melepaskan dari api neraka pada malam ini dari pada hambanya sebanyak bilangan bintang di langit, sebilangan hari dan malam di dunia, sebilangan daun-daun pepohonan, seberat gunung-gunung dan sebilangan pasir-pasir.

7. Berfirman Allah subhanallahu wata ala dalam surah Addukhan ayat 3 dan 4:
انا انزلناه في ليلة مباركة.اناكنامنذرين. فينها يفرق كل امرحكيم.
Berpendapat oleh ikrimah radhiallahu anha dan dan sebagian golongan bahwa maksud Lailah mubarakah adalah malam Nisfu sya'ban.  <==

See? Betapa mulianya malam Nisfu Sya'ban itu. 
Barang siapa membaca pada malam NISFU SYA'BAN:
لااله الا انت سبحانك اني كنت من الظالمين 2375x
Maka Allah beri keselamatan daripada bala dan musibah sampai tahun akan datang.

Oke sekian dulu postingan kali ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua :)

 ありがとう ございます
じゃまた あした ^_^
Assalamu alaikum

0 comments:

Post a Comment